Senin, 26 Mei 2014

Membuat Program Computer Based Test Dengan Delphi Tahap 4 - Mengubah Aturan Penilaian

Artikel ini kelanjutan dari artikel sebelumnya yang menyajikan pembuatan program CBT dengan menambahkan prosedur untuk mengacak soal. Jika pembaca belum memahami bagaimana pengacakan soal, bisa membaca artikel sebelumnya di sini.

Artikel ini adalah artikel paling pendek di antara artikel tentang pembuatan program CBT dengan Delphi sebelumnya karena di sini hanya melakukan pengubahan kode program yang tidak banyak.

Proses penilaian sebelumnya, setiap benar, pengguna akan mendapatkan tambahan nilai 1 dan jika salah tidak mendapatkan apapun. Namun terkadang ada aturan di mana setiap benar mendapatkan tambahan nilai dan jika salah akan dikurangi oleh sebuah nilai.

Kali ini, di dalam artikel ini, aturan baru penilaiannya adalah apabila pengguna menjawab benar akan mendapatkan nilai 4 dan apabila salah maka nilai dikurangi 1.

Untuk mengimplementasikan aturan tersebut cukup mudah. Setelah membuka proyek CBT sebelumnya, dobel klik saja pada tombol Jawab, maka di situ akan muncul kode program yang menangani event OnClick pada tombol bersangkutan. Cari kode yang menunjukkan penilaian dan ubah seperti yang tersaji pada Gambar.


Pengubahan aturan penilaian dengan aturan baru
Di dalam Gambar terlihat kotak merah. Di dalam kotak merah tersebut implementasi aturan baru diterapkan. Silakan coba dan pahami. Apabila sudah, coba silakan pembaca ubah aturan sendiri dalam penilaian dan implementasikan di sana.

Jika ada pertanyaan silakan tuliskan di dalam komentar.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan menulis komentar. Tulislah komentar dengan penuh tanggung jawab.

Coretan Populer