Jumat, 09 Mei 2014

Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Begitu banyaknya orang bertanya kepada saya tentang bagaimana membuat web membuat saya tertarik untuk membuat tulisan tentang bagaimana membuat blog. Penyedia layanan blog gratis di internet sudah cukup banyak. Saya akan kupas satu per satu nanti. Salah satu yang saat ini saya gunakan adalah Blogspot miliknya Google.

Silakan Anda buka alamat http://blogspot.com. Jika Anda sudah login maka Anda akan dihadapkan dengan fasilitas pembuatan Blog. Jika belum maka Anda akan diberi halaman login miliknya Google seperti pada Gambar 1. Jika Anda belum punya akun Google maka Anda harus membuat akun Google terlebih dahulu.

Gambar 1. Halaman login Google.

Setelah Anda membuka halaman depan Blogspot Anda, di situ Anda disuguhi tombol Blog Baru. Anda klik tombol tersebut maka Anda akan disajikan formulir pembuatan blog seperti pada Gambar 2.

Gambar 2. Form pembuatan blog baru

Anda akan diminta menuliskan judul blog. Isi sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Anda juga diminta mengisi alamat blog. Alamat yang Anda isi berupa subdomain yang berada di depan domain blogspot.com. Contoh adalah coretanasir.blogspot.com, maka Anda akan menuliskan kata coretanasir. Pada bagian bawah ada pilihan template dimana di situ menyediakan pilihan buat Anda bagaimana blog tersebut ditampilkan baik dari sisi background, warna tulisan, jenis font dan lain-lain.

Jika sudah sesuai yang diinginkan Anda klik tombol Buat Blog yang berada di posisi bawah kanan. Jika alamat blog yang Anda ajukan sudah ada yang punya, maka Anda akan diminta mengganti alamat blog Anda sampai mendapatkan alamat yang masih tersedia.

Setelah proses pembuatan blog ini selesai, maka Anda akan dibawa ke Dashboard blog Anda seperti pada Gambar 3.

Gambar 3. Dashboard blog yang Anda buat

Di sana Anda bisa membuat tulisan baru, melihat tulisan-tulisan yang pernah Anda buat, membuat halaman, mengatur bagaimana hubungan dengan Google+, melihat statistik blog Anda, mengatur tata letak blog Anda, mengubah template dan menyetel ulang blog Anda. Jika halaman ini sudah muncul artinya blog Anda sudah jadi dan sudah bisa diakses. Saatnya Anda memulai membuat tulisan.

Untuk memulai membuat tulisan, Anda tinggal klik tombol Entri Baru. Anda akan dibawa ke halaman editor untuk membuat tulisan baru seperti terjasi pada Gambar 4.

Gambar 4. Halaman editor

Di halaman tersebut Anda akan memulai tulisan baru Anda. Pada bagian paling atas, Anda diminta menuliskan judul tulisan Anda. Apapun judulnya Anda bisa tuliska di sana. Pada bagian bawahnya, Anda bisa menuliskan isi tulisan Anda. Anda bisa menuliskan apapun dan juga bisa menambahkan gambar apapun. Jika Anda biasa menggunakan Ms Office, maka hal itu tentu tidak sulit bagi Anda untuk memulai menulis di sini. Anda bisa memasukkan Gambar, Link bahkan video. Anda bisa mengubah tulisa menjadi tebal, miring atau garis bawah. Jika Anda sudah ahli HTML maka di sini juga diberi fasilitas melakukan edit tag-tag HTML.

Jika semua sudah Anda buat, Anda bisa melakukan pratinjau dengan tombol Pratinjau di posisi kanan atas. Jika Anda ingin menyimpan terlebih dahulu, maka Anda bisa tekan tombol Simpan dan jika Anda sudah yakin mau mempublikasikan maka Anda bisa menekan tombol Publikasikan. Setelah Anda publikasikan maka tulisan Anda akan muncul di halaman depan blog Anda. Anda bisa melakukan pengecekan dengan membuka alamat blog yang tadi sudah Anda buat.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan menulis komentar. Tulislah komentar dengan penuh tanggung jawab.

Coretan Populer