Jumat, 09 Mei 2014

Membuat Akun di Google

Mungkin bagi sebagian pengguna internet, menganggap judul artikel ini begitu sepele. Buat apa juga membuat artikel tentang pembuatan akun di Google? Mengapa harus ada artikel tersendiri?

Di Indonesia, masih begitu banyak orang yang belum begitu terbiasa dengan internet. Ada juga yang menggunakan internet baru sekedar membaca berita atau melakukan pencarian. Google adalah salah satu perusahaan raksasa yang memiliki berbagai macam produk. Google menerapkan Single Sign On (SSO) untuk seluruh produk yang dia sediakan. Apa itu SSO?

SSO atau Single Sign On adalah suatu akun yang bisa digunakan di seluruh aplikasi. Ketika seseorang sudah sign on ke dalam salah satu aplikasi, maka saat membuka aplikasi lain tidak perlu lagi sign on

Google sendiri memiliki begitu banyak produk online seperti mesin pencari, Gmail, Google+, Google Drive, Google Maps, Google Chrome, Blogspot, Youtube, Google Doc dan lain-lain. Ada banyak produk Google yang membutuhkan akun Google seperti membuat blog di Blogspot, membuat dokumen di Google Doc ataupun posting video di Youtube.

Terus bagaimana cara membuat akun di Google? Anda bisa klik Buat Akun Google. Di sana Anda akan disuguhi formulir untuk Anda isi seperti ada pada Gambar 1. Ada nama Anda, nama pengguna, sandi, tanggal lahir, jenis kelamin dan nomor telepon seluler Anda. Untuk nama pengguna, Anda tidak bisa mengisi sembarangan.

Nama pengguna harus unik di antara pengguna Google lainnya. Google akan memastikan bahwa nama pengguna yang Anda ajukan belum ada yang memiliki. Jika sudah ada yang memiliki maka Anda akan diminta mengganti dengan nama pengguna lain.

Google juga akan memberikan saran nama pengguna kepada Anda. Pastikan nama pengguna tersebut mudah diingat. Nama pengguna di dalam Google hanya terdiri dari huruf, angka dan titik. Nama pengguna tersebut akan menjadi alamat email buat Anda yang membuat akun. Misal nama pengguna yang Anda pilih adalah seseorang, maka Anda akan memiliki alamat email seseorang@gmail.com.

Gambar 1. Halaman pembuatan Akun di Google.

Jangan lupa setelah mengisi semua data, Anda diminta memasukkan teks yang dimunculkan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar manusia. Mengapa demikian? Nanti saya akan jelaskan di artikel lainnya. Anda juga harus menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan dari Google. Saya sarankan Anda membaca dan mempelajarinya terlebih dahulu, sebab bisa jadi ada bagian tertentu yang Anda tidak setuju. Jika Anda merasa tidak setuju sebaiknya Anda tinggalkan.

Selamat membuat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan menulis komentar. Tulislah komentar dengan penuh tanggung jawab.

Coretan Populer