Kamis, 15 Mei 2014

Server Padamu Bermasalah atau Memang Tidak Ada?

Seorang guru agama Pegawai Negeri dari Departemen Agama Kabupaten Bantul mendapatkan surat terkait dengan sertifikasi guru. Guru tersebut diminta membuka alamat web http://bpsdmpk.kemendikbud.go.id/padamu untuk informasi lebih lanjut seperti terlampir dalam foto di Gambar 1.

Gambar 1. Bagian surat yang diterima oleh seorang guru agama pegawai negeri Depag Kab. Bantul

Hari berikutnya, Kamis, 15 Mei 2014, hari libur, guru pun mulai membuka alamat tersebut. Guru namun sayang, setiap kali dibuka web tersebut tidak muncul. Guru tersebut berkali-kali mencoba membuka tetap sama saja. Pesan yang dimunculkan adalah "This web page is not available" seperti tertampil di Gambar 2.

Gambar 2. Web tidak bisa dibuka karena halaman yang dituju tidak ada
Seperti petunjuk yang diterima oleh guru tadi lewat surat bahwa apabila mengalami kesulitan diharap menghubungi Admin SIAP PADAMU LPMP setempat atau email padamu@kemendikbud.go.id, tentu guru bersangkuta lebih memilih menghubungi emal tersebut karena diharapkan lebih praktis dan cepat.

Karena guru tersebut belum memiliki email, maka guru tersebut membuat email di gmail.com. Setelah proses pembuatan email selesai, guru tersebut mengirimkan email ke alamat yang tertulis di surat yang diterimanya. Untuk menulis surat pun harus berpikir panjang bagaimana menyusun kalimat yang baik di dalam email. 

Setelah dibaca berulang-ulang, sepertinya tidak ada yang salah dan layak untuk dikirimkan, maka dikirimkanlah email tersebut. Setelah dikirimkan, ternyata langsung ada balasannya, tidak perlu menunggu lama. Namun sayang, balasan yang begitu cepat itu mengecewakan guru tersebut. Balasannya adalah bahwa email yang dituju tidak valid. Gambar 3 merupakan screenshot balasan email tersebut.

Gambar 3. Screenshot balasan bahwa alamat email yang dituju tidak ditemukan
Bagaimana ini kesiapan layanan terhadap guru. Mengapa guru seperti "dipermainkan". Apakah guru dianggap tidak bisa menggunakan internet? Atau memang server baru down?

"Oh saya tahu mas, ini kan hari libur, jadi web-nya baru libur mas", cletuk seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan menulis komentar. Tulislah komentar dengan penuh tanggung jawab.

Coretan Populer