Rabu, 10 September 2014

Apa Itu Pemrograman Komputer

Di dalam kehidupan sehari-hari, saat ini kita tidak lepas dengan peralatan-peralatan canggih seperti komputer baik dalam bentuk laptop, PC maupun smartphone. Semua perangkat tadi merupakan perangkat keras yang menjalankan berbagaimacam perangkat lunak.

Setiap pengguna bisa memasang sendiri perangkat lunak yang digunakan. Berbeda dengan perangkat keras, perangkat lunak bisa diduplikasi dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain.

Perangkat lunak yang berjalan di atas komputer, sering disebut sebagai program aplikasi. Program aplikasi ini berisi perintah-perintah yang bisa dipahami oleh mesin berupa sistem operasi yang berada di perangkat keras.
Siapakah yang membuat program aplikasi? Pembuat program aplikasi ini sering disebut sebagai programmer.

Bagaimana cara kerja programmer dalam membuat program aplikasi ini? Programmer membuat program aplikasi ini dengan cara melakukan coding. Programmer membuat source code yang berisi perintah-perintah. Perintah-perintah inilah yang nanti akan dieksekusi oleh komputer.

Di dalam menuliskan source code tersebut, programmer harus menggunakan suatu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang bisa dipahami oleh suatu compiler atau interpreter tertentu. Programer harus menguasai bahasa dan aturan yang berlaku sesuai dengan bahasa yang dipilihnya.

Saat ini banyak sekali bahasa-bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat progam. Semakin teknologi maju, bahasa-bahasa pun semakin berkembang.

Apa bedanya compiler dan interpreter? Compiler melakukan pengubahan bahasa yang ditulis oleh programmer ke dalam bahasa yang dipahami oleh interpreter. Interpreter bertugas menjalankan perintah-perintah dalam sebuah program.

Saat ini Java adalah salah satu bahasa yang cukup populer dan berkelas di dunia pemrograman. Jika Anda tertarik untuk terjun di dunia ini maka ada baiknya Anda mempelajari Java.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan menulis komentar. Tulislah komentar dengan penuh tanggung jawab.

Coretan Populer